Selasa, 03 Desember 2019

Mr. Clean Era Saat ini




Bagi kalian yang lahir pada era tahun 1990-an, pasti tidak familiar dengan sosok Mr. Clean saat itu. Beliau adalah Mari`e Muhammad, Menteri Keuangan tahun 1993-1998 yang terkenal dengan integeritas dan kejujurannya pada masa dimana KKN berkembang pesat pada era tersebut. Bapak Mari`e Muhammad merupakan satu - satunya Menteri Keuangan yang yang diangkat dari internal Kementerian Keuangan sendiri, sebelumnya beliau adalah Dirjen Pajak dari tahun 1988-1993. Salah satu prestasinya adalah berani menagih pajak dari presiden saat itu dan berhasil mengumpulkan 19 T dari target penerimaan negara 10 T. Sungguh luar biasa bukan? seandainya masih ada sosok seperti itu saat ini.
Bicara sosok Mr.Clean saat ini, apakah mungkin ada di era lingkungan pemerintahan saat ini. Jawabannya ada. Saya menyebutnya dengan "beliau". Beliau merupakan ASN dari salah satu instansi basah di Indonesia, namun integeritasnya perlu diacungi jempol. salah satu contoh nyata adalah ketika diminta untuk menjadi peserta pada suatu acara rapat koordinasi di Jakarta, beliau menerima sejumlah honor yang secara peraturan melebihi pagu pada saat itu. Lalu apa yang terjadi, apakah uang tersebut diambil? jawabannya IYA. Namun, uang tersebut kemudian beliau setorkan ke KPK dan hanya mengambil sejumlah uang yang merupakan honor sesuai ketentuan peraturan yang ada. Disitu saya sangat salut dengan integeritas beliau dalam bekerja dan jujur. Sangat sulit menemukan sosok beliau yang berintegeritas sebagai ASN. Saya sangat bangga dengan beliau dan berharap menjadi teladan saya dalam bekerja. Jika Bapak Mariè Muhammad memiliki prinsip "Jika seseorang tidak amanah dengan uang, bagaimana dengan yang lain?", maka Beliau memiliki 3 prinsip dalam hidupnya yang insya allah akan saya teladani.
1. "apa yang saya terima kelak akan saya pertanggungjawabkan walaupun cuma sebuih sabun"
2. "saya tidak akan memberi makan istri dan anak saya dari uang haram"
3. "di dalam rezeki yang kita terima, ada hak orang lain di dalamnya"

sangat beruntung saya dapat bertemu dengan beliau. Semoga beliau selalu menginspirasi kita semua.

Tulisan ini saya dedikasikan untuk beliau sebagai ASN yang selalu berintegritas dan jujur, semoga selalu amanah ya Pak.


Wiwit - Radeya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
International Relations University of Brawijaya Malang

Blogroll