Sabtu, 24 Maret 2012

Geopolitik, Geoekonomi, Geokultur


Kronologi Hubungan AS – Rusia Oktober – Desember 2002
·         1-2 Oktober 2002 : Pertemuan yang membahas menganai kerjasama energy AS – Rusia. Pertemuan ini mendatangkan sekretaris AS Donald Evans dan Sekretaris Energi Spencer Abraham, lalu dari Rusia ada menteri energy yaitu Igor Yusufov dan menteri perdagangan German Gref, pemimpin eksekutif minyak Mikhail Khodorvsky dan Presiden direktur Tyumen Oil Company yaitu Semen Kukes.
·         1 Oktober 2002 : Deputi menteri luar negeri, stafnya dan kepala departemen energy nuklir membahas pertemusn dalam hubungan internasional memandang Strategi Perjanjian Pengurangan Senjata ( START II) sebagai strategi baru persahabatan dan kerjasama antara AS dan Rusia.
·         3 Oktober 2002 : Mengalamatkan bisnis AS – Rusia dipandang sebagai hubungan perdagangan sehat antara Rusia dan AS dan dinamika yang terlihat di Rusia menempatkannya sebagai pemimpin ekonomi dunia.
·         4 Oktober 2002 : Vladmir Putin mengumumkan status pesial AS di dana Radio Liberty. Radio Liberty menuai kritikan menyiarkan konflik di Chechnya.
·         4 Oktober 2002 : Berbicara mengenai pertemuan tahunan antara AS dan Rusia mengindikasikan AS sebagai kunci mitra dagang utama menurut menteri perekonomian dan pembangunan Rusia , German Gref.
·         9 Oktober 2002 : Berbicara mengenai senat hubungan luar negeri AS, John Bolton mengingatkan bahwa Moskow melanjutkan dukungan pada Iran dan Suriah mengenai nuklir dan misil program dan lemahnya koordinasi dengan Pemerintah Rusia mengkhawatirkan AS dan hubungan kerjasama bilateral keduanya di masa mendatang dan non poliferisasi dunia.
·         10 Oktober 2002 : Alfa Bank yaitu bank swasta terbesar di Rusia dan pembeli regular minyak di Irak mengumumkan persetujuan pmbelian minyak yang merupakan terbesar dalam sejarah program minyak untuk pangan di Irak. Ini diumumkan sebagai Alfa – Eco deal untuk dua puluh juta barel.
·         12 Oktober 2002 : perdana menteri Jepang berunding dengan presiden Rusia untuk membicarakan hubungan mengenai kedua negara.
·         19 Oktober 2002 : kekhawatiran suplai minyak karena perang AS dan Irak merupakan pengiriman minyak terburuk dari Rusia ke Jepang sejak tahun 1978.
·         22 Oktober 2002 : Rusia menolak draf resolusi AS untuk Irak.
·         23 Oktober 2002 : Sekitar 100 sandera di bioskop Moskow oleh separatis Chechen.
·         2 November 2002 : Dalam penyerbuan dramatis sekitar lebih dari 120 orang sandera termasuk separatis Chechen dibunuh dengan tembakan gas beracun oleh tentara special Rusia.
·         9 November 2002 : Rusia menyetujui draf resolusi PBB dari AS untuk Irak yaitu penggunaan senjata otomatis dihilangkan. Isu ini menjadi isu penting antara Moskow dan Washington. Resolusi PBB ini mengisyaratkan Irak untuk mengurangi penggunaan senjatanya.
·         9 November 2002 : Rusia menginvestasikan 8,4 juta dalam ekonomi AS. Ini sepuluh kali banyaknya investasi AS ke Rusia yaitu 841 juta dollar.
·         21-22 November 2002 : pertemuan NATO di Praha, Ceko mengundang negara Baltik yaitu Estonia, Latvia dan Lithuania dan empat negara blok utama Soviet yaitu Slovenia, Slovakia, Bulgaria dan Rumania.
·         22 November 2002 : Bush dan Putin bertemu membahas bahwa ekspansi NATO di Rusia pilihan terbaik. Menurut Bush ini akan membawa stabilitas perbatasan Rusia.
·         17 Desember 2002 : adanya program kerjasama nuklir antara Rusia dan Iran. AS berpendapat bahwa tidak ada atap yang jelas bahwa Rusia akan membantu program militer Iran.
·         18 Desember 2002 : Rusia menyesalkan tindakan AS yang mulai menyebarkan prajurit – prajurit sebagai pertahanan AS dari serangan misil. Rusia menyatakan bahwa itu tidak akan menstabilkan sitem keamanan nasional dan memimpin untuk balapam senjata baru.
·         19 Desember 2002 : Jepang dan Rusia menandatangani kerjasama.
·         27 Desember 2002 : Rusia menginformasikan intensitas AS dari perjanjian aktivitas perdamaian di wilayah Rusia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Mengenai Saya

Foto saya
International Relations University of Brawijaya Malang

Blogroll